PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KEROBOKAN BADUNG

Authors

  • Ni Md. Rai Astuti, I Kt. Ardana, I. B. Surya Manuaba

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1190

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model  quantum learning berbantuan media lingkungan sebagai sumber belajar dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus III Kerobokan Badung Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan desain “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian ini siswa kelas IV SD Gugus III Kerobokan Badung Tahun Ajaran 2012/2013.  Penentuan sampel dilakukan dengan teknik  random sampling sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas IV B SD No. 2 Kerobokan Kaja berjumlah 38 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD No. 2 Kerobokan berjumlah 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA adalah tes yaitu tes hasil belajar jenis obyektif bentuk pilihan ganda biasa. Data hasil belajar IPA yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 2,89 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) dengan . Oleh karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model quantum learning berbantuan media lingkungan sebagai sumber belajar dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus III Kerobokan Badung Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini didukung oleh perbedaan nilai rata-rata kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yaitu . Jadi, terdapat pengaruh model quantum learning berbantuan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus III Kerobokan Badung Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci: Quantum Learning, lingkungan, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I. B. Surya Manuaba, N. M. R. A. I. K. A. (2013). PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KEROBOKAN BADUNG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1190

Issue

Section

Articles