MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING BERFASILITAS MULTIMEDIA BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN SEMARAPURA

Authors

  • Ni Pt. Dharma Suciutari, I Wy. Wiarta, Md. Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1192

Abstract

mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Accelerated Learning berfasilitas multimedia dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa  kelas V SD Gugus III Kecamatan Semarapura Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Semarapura tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 244 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar pilihan ganda dengan 4 options . Data yang terkumpul dianalisis dengan uji-t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Accelerated Learning berfasilitas multimedia dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Semarapura tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 6.43 > ttabel 2,00 dan di dukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Accelerated Learning berfasilitas multimedia yaitu 77.16 dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 65.25 maka  diterima. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Accelerated Learning berfasilitas multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Semarapura Tahun Pelajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci : model Accelerated Learning berfasilitas multimedia, konvensional, hasil belajar IPA.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Md. Putra, N. P. D. S. I. W. W. (2013). MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING BERFASILITAS MULTIMEDIA BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN SEMARAPURA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1192

Issue

Section

Articles