PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SQ3R BERMEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1194Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pada bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui strategi SQ3R bermedia PowerPoint dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus III Kecamatan Gianyar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian diambil dari SDN 1 Bitera dan SDN 3 Bitera yang berjumlah 69 siswa dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam mengukur kemampuan membaca adalah tes pilihan ganda biasa. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui strategi SQ3R bermedia PowerPoint dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal ini didukung hasil perolehan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui SQ3R bermedia PowerPoint rerata skor pre-test 60,65 rerata skor post-test 81,36 dan rerata gain skor kemampuan membaca 0,53 sedangkan kelompok siswa yang belajarkan melalui pembelajaran konvensional memperoleh rerata skor pre-test 57,75 rerata skor post-test 73,12 dan rerata gain skor kemampuan membaca 0,36. Hasil perhitungan gain skor dianalisis menggunakan uji-t yang memperoleh hasil thitung > ttabel (5,67 > 2,000). Oleh karena hasil thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran SQ3R bermedia PowerPoint terhadap kemampuan membaca pada bahasa Indonesia siswa kelas V SD gugus III Kecamatan Gianyar tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: SQ3R, PowerPoint, Kemampuan membaca
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)