PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS PELIATAN

Authors

  • Cok Istri Agung Wijayanti, I Wyn.Rinda, Md. Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1195

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kuantum dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “Nonequivalent control group design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Peliatan. Penentuan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Populasi yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 146 siswa dan sampel penelitian yang digunakan adalah 68 orang. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar kemudian data dianalisis dengan teknik t-test. Nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kelas eksperimen 84,71 dan kelompok kontrol 81,32. Demikian pula hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kuantum dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hasil analisis diperoleh nilai (thitung = 4,29 > ttabel = 2.00).  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kuantum berpengeruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Gugus Peliatan Tahun Ajaran 2012/2013.

Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning), hasil belajar IPA.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Md. Putra, C. I. A. W. I. W. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS PELIATAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1195

Issue

Section

Articles