PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NO 1 CEMPAGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

I Pt. Agus Hendra P.,Desak Putu Parmiti, Nyoman Jampel

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan metode eksperimen berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV semester II SD Negeri 1 Cempaga tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Rancangan untuk tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester II  SD Negeri 1 Cempaga tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 34 siswa. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode tes, sedangkan metode analisis adalah dengan  menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dikonversikan dengan PAP skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode eksperimen secara efektif dan efesien, ternyata ada peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar No. 1 Cempaga semester II. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil belajar siklus I 69,82 % menjadi 80,44 % pada siklus II. Jadi dengan 2 siklus diperoleh peningkatan sebanyak 10,62 % dan mengalami peningkatan dari katagori sedang menjadi tinggi.

Kata-kata kunci: Metode eksperimen, Media Gambar, dan hasil belajar IPA


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.