PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NO 1 CEMPAGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1197Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan metode eksperimen berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV semester II SD Negeri 1 Cempaga tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Rancangan untuk tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester II SD Negeri 1 Cempaga tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 34 siswa. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode tes, sedangkan metode analisis adalah dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dikonversikan dengan PAP skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode eksperimen secara efektif dan efesien, ternyata ada peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar No. 1 Cempaga semester II. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil belajar siklus I 69,82 % menjadi 80,44 % pada siklus II. Jadi dengan 2 siklus diperoleh peningkatan sebanyak 10,62 % dan mengalami peningkatan dari katagori sedang menjadi tinggi.
Kata-kata kunci: Metode eksperimen, Media Gambar, dan hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)