PENGARUH METODE PERCAKAPAN TERBIMBING MELALUI DRAMATISASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 2 PENGERAGOAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1198Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percakapan terbimbing melalui dramatisasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 2 Pengeragoan tahun pelajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Va dan Vb di SD Negeri 2 Pengeragoan tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 49 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 49 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes dengan instrumen pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan metode percakapan terbimbing melalui dramatisasi dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SD No. 2 Pengeragoan tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 4,746 > t tabel 2,021 dan di dukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang belajar menggunakan metode percakapan terbimbing melalui dramatisasi yaitu 17 yang berada pada kategori tinggi dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 12,12 yang berada pada kategori sedang maka diterima.
Kata kunci: metode percakapan terbimbing, dramatisasi, hasil belajar.
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)