PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI KUBUTAMBAHAN KECAMATAN KUBUTAMBAHAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1199Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetaui perbedaan hasil belajar IPA pada siswa kelas V
SD Negeri Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng tahun
pelajaran 2012/2013 anatara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan siswa yang mengikuti pembmbelajaran
menggunakan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu menggunakan desain Posttes only control group desian. Sampel
penelitian adalah SD Negeri 7 Kubutambahan berjumlah 27 orang sebagai kelompok
eksperimen dan SD Negeri 4 Kubutambahan berjumlah 26 orang sebagai kelompok kontrol
yang dipilih dengan tehnik random sampling. Pengumpulan data hasil belajar siswa
menggunakan metode tes dengan instrumen berbentuk tes pilihan ganda satu jawaban
benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik
deskriptif dan statistik inferensial. Sebagai tindak lanjut dari statistik inferensial digunakan
uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan model pembelajaran TPS dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional t
hitung
42,3 > t
tabel
2,000 dan di
dukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang mengikuti model
pembelajaran TPS yaitu 23,33 yang berada pada kategori sangat tinggi dan siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional yaitu 18,80 yang
berada pada kategori tinggi.
Kata kunci: TPS, Hasil Belajar IPA.
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
I Wyn. Sudiana, N. P. E. S. I. N. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI KUBUTAMBAHAN KECAMATAN KUBUTAMBAHAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1199
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)