PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DESA SARI MEKAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1200Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu: 1) deskripsi hasil belajar IPS siswa pada kelompok eksperimen dengan menggunakan strategi guided note taking berbantuan media video pembelajaran, 2) deskripsi hasil belajar IPS siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional, dan 3) perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi Guided Note Taking berbantuan media video pembelajaran dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain post test only control group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sari Mekar pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh SD N 1 Sari Mekar sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 orang siswa dan SD N 2 Sari Mekar sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 27 orang siswa. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPS kelompok eksperimen tergolong tinggi dengan rata-rata 15,39, (2) hasil belajar IPS kelompok kontrol tergolong sedang dengan rata-rata 12,11 dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran guided note taking berbantuan media video dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional (thitung > ttabel, thitung = 2,47 dan ttabel = 2,000).
Kata-kata kunci: strategi pembelajaran, guided note taking, video, hasil belajar IPS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)