PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DESA SARI MEKAR

Authors

  • I Kd.Susiawan, Kt. Pudjawan, I Md.Tegeh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1200

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu: 1) deskripsi hasil belajar  IPS siswa pada kelompok eksperimen dengan menggunakan strategi guided note taking berbantuan media video pembelajaran, 2) deskripsi hasil belajar  IPS siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan  strategi pembelajaran konvensional, dan 3) perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi Guided Note Taking berbantuan media video pembelajaran  dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain post test only control group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sari Mekar pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel ditentukan dengan  teknik simple random sampling dan diperoleh SD N 1 Sari Mekar sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 orang siswa dan SD N 2 Sari Mekar sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 27 orang siswa. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar  IPS kelompok eksperimen tergolong tinggi dengan rata-rata 15,39, (2) hasil belajar  IPS kelompok kontrol tergolong sedang dengan rata-rata 12,11 dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran guided note taking berbantuan media video dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional (thitung > ttabel, thitung = 2,47 dan ttabel = 2,000).

Kata-kata kunci: strategi pembelajaran, guided note taking, video, hasil belajar IPS

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md.Tegeh, I. K. K. P. (2013). PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DESA SARI MEKAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1200

Issue

Section

Articles