PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD DI GUGUS KRISNA KECAMATAN NEGARA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1201Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kelompok
siswa yang dibelajarkan menggunakan metode talking stickdengan kelompok siswa yang
dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada hasil belajar PKn
siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2012/2013 di Gugus Krisna Kecamatan Negara
Kabupaten Jembrana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (quasi
experiment). Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas V SDN yang ada di gugus
Krisna, Kecamatan Negara, dengan jumlah siswa 179 orang. Sampel penelitian ini adalah
kelas V SDN. 3 Tegalbadeng Barat sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN. 1 Cupel
sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ditentukandengan teknik random sampling.Data
hasil belajar PKn siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essai. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik
infrensial (uji-t). Berdasarkan analisis data, kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran
dengan metode talking stick memiliki skor rata-rata 31,80, sedangkan kelompok siswa
yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional memiliki skor
rata-rata 27,53. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh
. 000,2 70,9 = > =
tabel hitung
t t Dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang
signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan metode Talking Stick
dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional
pada hasil belajar PKn siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2012/2013 Di Gugus Krisna
Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana.
Kata-kata kunci: talking stick, hasil belajar
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
Pt. Nanci Riastini, N. N. T. A. I. K. D. (2013). PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD DI GUGUS KRISNA KECAMATAN NEGARA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1201
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)