PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KELOMPOK KECIL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS I BLAHBATUH GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1202Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS pada kelas yang dibelajarkan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis kelompok kecil dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional siswa kelas V SD Gugus 1 Blahbatuh, Gianyar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain.Populasi dalam penelitian ini adalah semua SD Gugus I Blahbatuh. Sampel diambil dengan teknik Purposive sampling karena hanya ada dua sekolah yang siswanya lebih dari 30 orang, kemudian untuk menentukan kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan teknik Random Sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPS yang meliputi aspek kognitif yang digabungkan dengan aspek afektif.Nilai kognitif didapat dari tes hasil belajar bentuk pilihan ganda biasa dan nilai afektif didapat melalui lembar observasi berupa nilai karakter.Data dianalisis dengan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis kolompok kecil dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung sebesar 2,77, dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) atau taraf kepercayaan 95% dengan dk = 71 diperoleh ttabel sebesar 2,000. Ini berarti thitung > ttabel (2,77> 2,00). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis kelompok kecil berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus I blahbatuh, Gianyar.
Kata kunci :Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)