PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA KARIKATUR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SD GUGUS X KECAMATAN MENGWI

Authors

  • Ni Pt. Apriani, I Dw. Kade Tastra, Pt. Nanci Riastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1203

Abstract

ABSTRAK
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  yang  signifikan  pada  pemahaman
konsep  IPA  antara  kelompok  siswa  yang  mengikuti  pembelajaran  menggunakan  model
pembelajaran ARIAS dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan
pembelajaran konvesional pada siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2012/2013 Sekolah Dasar
di Gugus X Kecamatan Mengwi.    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu
menggunakan desain  non-equivalent  posttest only  control group design. Sampel penelitian
ini  adalah  SD  No.1  Penarungan,  dengan  jumlah  siswa  30  orang,  sebagai  kelompok
eksperimen dan SD No.2 Penarungan, dengan jumlah siswa 30 orang, sebagai kelompok
kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sistem  random sampling. Pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data tentang pemahaman konsep
IPA  siswa  dikumpulkan  dengan  menggunakan  tes  uraian,  kemudian  dianalisis
menggunakan  uji-t.    Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa,  terdapat  perbedaan  yang
signifikan  pada  pemahaman  konsep  IPA  antara  kelompok  siswa  yang  mengikuti
pembelajaran  dengan  model  pembelajaran  ARIAS  berbantuan  media  karikatur  dengan
kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (t
hitung  = 3,583 > t
tabel
=
2,021;  ά=0,05).  Berdasarkan  rata-rata  pemahaman  konsep  IPA,  diketahui  siswa  yang
mengikuti  model  pembelajaran  ARIAS  berbantuan  media  karikatur  lebih  baik  dari  siswa
yang  mengikuti  pembelajaran  dengan  model  konvensional  (
1
X
=  37,5  >
2
X
=  21,5).
Dengan  demikian,  model  pembelajaran  ARIAS  berbantuan  media  karikatur  berpengaruh
terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas I V Tahun Pelajaran 2012/2013 di SD Gugus
X Kecamatan Mengwi.
Kata-kata kunci: ARIAS, Karikatur, Pemahaman Konsep

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Pt. Nanci Riastini, N. P. A. I. D. K. T. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA KARIKATUR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SD GUGUS X KECAMATAN MENGWI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1203

Issue

Section

Articles