PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA KARIKATUR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SD GUGUS X KECAMATAN MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1203Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada pemahaman
konsep IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model
pembelajaran ARIAS dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan
pembelajaran konvesional pada siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2012/2013 Sekolah Dasar
di Gugus X Kecamatan Mengwi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu
menggunakan desain non-equivalent posttest only control group design. Sampel penelitian
ini adalah SD No.1 Penarungan, dengan jumlah siswa 30 orang, sebagai kelompok
eksperimen dan SD No.2 Penarungan, dengan jumlah siswa 30 orang, sebagai kelompok
kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sistem random sampling. Pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data tentang pemahaman konsep
IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian, kemudian dianalisis
menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang
signifikan pada pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS berbantuan media karikatur dengan
kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (t
hitung = 3,583 > t
tabel
=
2,021; ά=0,05). Berdasarkan rata-rata pemahaman konsep IPA, diketahui siswa yang
mengikuti model pembelajaran ARIAS berbantuan media karikatur lebih baik dari siswa
yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (
1
X
= 37,5 >
2
X
= 21,5).
Dengan demikian, model pembelajaran ARIAS berbantuan media karikatur berpengaruh
terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas I V Tahun Pelajaran 2012/2013 di SD Gugus
X Kecamatan Mengwi.
Kata-kata kunci: ARIAS, Karikatur, Pemahaman Konsep
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
Pt. Nanci Riastini, N. P. A. I. D. K. T. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA KARIKATUR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SD GUGUS X KECAMATAN MENGWI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1203
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)