PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDNEGERI DI DESA TUKADMUNGGA KECAMATAN BULELENG

Authors

  • I Km. Sutrisno, Ign. I Wyn Suwatra, Gd. Raga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1204

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran Mind Mapping dan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri di Desa Tukadmungga tahun pelajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri di Desa Tukadmungga tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 88 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas IV di SD 1 Tukadmungga, SD 2 Tukadmungga, dan SD 3 Tukadmungga yang masing-masing berjumlah 32, 21, 35 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriftif dan statistik inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar IPA yang signifikan antara siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tukadmungga yang menggunakan pembelajaran Mind Mapping dan prestasi belajar IPA siswa di SD negeri 3 Tukadmungga yang menggunakan pembelajaran konvensional Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013. Perolehan thitung sebesar 4,48, ttabel dengan db = 65 dan taraf signifikansi 5% sebesar 2,000 sehingga (thitung > ttabel) maka H0 ditolak dan H­1 diterima. Penerapan metode mind mapping berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA siswa.

 

Kata kunci : metode pembelajaran mind mapping, prestasi belajar IPA.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Gd. Raga, I. K. S. I. I. W. S. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDNEGERI DI DESA TUKADMUNGGA KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1204

Issue

Section

Articles