PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA

Authors

  • Ni Nym. Muliani, I Kt. Adnyana Putra, I.B. Surya Manuaba

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1205

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menulis
deskripsi pada  mata  pelajaran bahasa Indonesia antara siswa  yang dibelajarkan melalui
pendekatan  pembelajaran  CTL  berbantuan  media  gambar  seri  dengan  siswa  yang
dibelajarkan  melalui  pembelajaran  konvensional  pada  siswa  kelas  V  SD  Gugus  I
Kecamatan  Gianyar.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  eksperimen  semu  dengan
rancangan  penelitian  Nonequivalent  Control  Group  Desain.  Populasi  dalam  penelitian  ini
adalah  siswa  kelas  V  SD  Gugus  I  Kecamatan  Gianyar.  Sampel  diambil  dengan  Random
Sampling.  Data  keterampilan  menulis  deskripsi  yang  meliputi  aspek  kognitif,dikumpulkan
melalui  tes  hasil  belajar  bentuk  essay,  kemudian  dianalisis  dengan  uji-t.  Nilai  rata-rata
deskripsi  pada  kelas  eksperimen  dan  kontrol  adalah   82,34  >  76,33.Hasil  penelitian
menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan  keterampilan  menulis  deskripsi
pada  pelajaran  bahasa  Indonesia  antara  siswa  yang  dibelajarkan   melalui  model
pembelajaran CTL  berbantuan media  gambar seri dengan siswa yang dibelajarkan melalui
pembelajaran konvensional dengan hasil t
hitung lebih besar dari t
tabel
yaitu 5,56 > 2,00. Dapat
disimpulkan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan  keterampilan  menulis  deskripsi
pada  mata  pelajaran  bahasa  Indonesia  antara  siswa  yang  dibelajarkan  menggunakan
pendekatan  pembelajaran  Contextual  Teaching  and  Learning  (CTL)  berbantuan  media
gambar  seri  dengan  siswa  yang  dibelajarkan  menggunakan  pembelajaran  konvensional
kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Gianyar.

Kata Kunci : Pendekatan CTL bermedia gambar seri, Keterampilan menulis deskripsi

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I.B. Surya Manuaba, N. N. M. I. K. A. P. (2013). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1205

Issue

Section

Articles