PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1205Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menulis
deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan melalui
pendekatan pembelajaran CTL berbantuan media gambar seri dengan siswa yang
dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus I
Kecamatan Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan
rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar. Sampel diambil dengan Random
Sampling. Data keterampilan menulis deskripsi yang meliputi aspek kognitif,dikumpulkan
melalui tes hasil belajar bentuk essay, kemudian dianalisis dengan uji-t. Nilai rata-rata
deskripsi pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 82,34 > 76,33.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis deskripsi
pada pelajaran bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan melalui model
pembelajaran CTL berbantuan media gambar seri dengan siswa yang dibelajarkan melalui
pembelajaran konvensional dengan hasil t
hitung lebih besar dari t
tabel
yaitu 5,56 > 2,00. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis deskripsi
pada mata pelajaran bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan menggunakan
pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media
gambar seri dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional
kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Gianyar.
Kata Kunci : Pendekatan CTL bermedia gambar seri, Keterampilan menulis deskripsi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)