PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI LESSON STUDY SD KELAS V

I Putu Bayu Adi Permana ., Drs. I Ketut Dibia,S.Pd, M.Pd ., Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Mutiara Singaraja. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Mutiara Singaraja yang berjumlah 66 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas Va dan Vb di SD Mutiara Singaraja yang berjumlah 33 dan 33. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan tes obyektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Mutiara Singaraja dengan thit= 4,12 > ttab= 2,000 adanya perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analsis data model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Perbaikan dilakukan dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan teknik penyelesaian masalah melalui lesson study untuk meningkatkan hasil belajar dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran dikelas.
Kata Kunci : hasil belajar, IPA, model PBL.

This study aims to determine whether the difference between IPA learning outcomes between students who dibelajarkan with learning model Problem Based Learning with students who are not dibelajarkan with Problem Based Learning learning model on students of grade V SD Mutiara Singaraja. This type of research is a quasi-experimental study. The population of this study is the entire class V SDN Mutiara Singaraja which amounted to 66 students. The sample of this research is Va and Vb class at SD Mutiara Singaraja which amounted to 33 and 33. The method in collecting data is done by test method that is by objective test. The data obtained were analyzed using descriptive statistical and inferential statistical techniques, ie t-test. The results of this study indicate that there are differences in science learning outcomes between students who are taught by the model of Problem Based Learning learning with students who are not dibelajarkan with the model of learning Problem Based Learning in students of grade V SD Mutiara Singaraja with thit = 4.12> ttab = 2,000 difference Which is significant. Based on the results of data analysis analysis model analysis of Problem Based Learning effect on science learning outcomes. Improvement is done in the process of science learning by using Problem Based Learning learning model with problem solving techniques through lesson study to improve learning outcomes in overcoming problems in the process of learning in class.
keyword : learning outcomes, IPA, PBL model.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF file view : 331 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.