PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 26 PEMECUTAN DENPASAR BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1207Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD N 26 Pemecutan Denpasar Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 26 Pemecutan Denpasar Barat. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling (secara undian) untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Selanjutnya hasil tes dianalisis dengan menggunakan teknik statistik uji-t. Berdasarkan kriteria pengujian, t hitung > t tabel (4,648 > 2,000), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model siklus belajar (learning cycle) 5E lebih dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional (70,00 > 58,24). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 26 Pemecutan Denpasar Barat.
Kata kunci: siklus belajar 5 E, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)