PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1208Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Letda Kajeng Pemecutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD gugus Letda Kajeng Pemecutan. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan pengacakan kepada seluruh kelas yang telah dinyatakan setara dan mendapatkan kelas IVB SDN 14 Pemecutan sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB SDN 12 Pemecutan sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Letda Kajeng Pemecutan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung = 3,77 lebih besar dari ttabel = 2,000.Ini berarti penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Educationberpengaruh terhadap hasil belajar matematikasiswa kelas IV SD Gugus Letda Kajeng Pemecurtan..
Kata kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education, Matematika di Sekolah Dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)