PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS I BANGLI

Authors

  • Ida A. A.Pramita Ningrat, I Kt. Adnyana, I.B.Gd Surya Abadi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1209

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran resolusi konflik berbasis kemampuan berpikir kritis dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPS kelas V SD Gugus I Bangli tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian “Nonequivalent control group design”. Metode tes dilakukan dengan membagikan sejumlah tes esai untuk mengukur hasil belajar IPS. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis  diketahui  thitung = 6,000 dan ttabel =  2,000, maka thitung lebih besar dari ttabel maka maka  ditolak dan  diterima. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar IPS antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik berbasis kemampuan berpikir kritis dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Kata-kata Kunci: Model pembelajaran resolusi konflik , hasil belajar, IPS SD

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I.B.Gd Surya Abadi, I. A. A. N. I. K. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS I BANGLI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1209

Issue

Section

Articles