PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXSPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD N 1 KESIMAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1230Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5E (engagement, exsploration, explanation, elaboration, evaluation) berbantuan media grafis dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional di SD N 1 Kesiman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Kontrol Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 1 Kesiman. Terdapat dua kelas yakni kelas VA dan VB. Seluruh siswa atau seluruh Populasi berjumlah 75 siswa. Sampel dipilih dengan tehnik random sampling, namun dalam penelitian ini yang di random adalah kelas dan bukan setiap individu siswa. Data yang dianalisis adalah hasil belajar PKn siswa yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar PKn siswa. Bentuk tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda/objektif yang terdiri dari 30 butir soal. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakanuji t (nilai Thit = 2,86 dan Ttabel = 2,00) jadi Thitung > Ttabel. ). Nilai rata-rata hasil belajar PKn yang dicapai oleh kelas eksperimen (VB) ialah 67,57. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar PKn yang dicapai oleh kelas Kontrol (VA) ialah 61,29. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5E berbantuan media grafis dan siswa yang dibelajarkan secara konvensional di SD N 1 Kesiman.
Kata kunci: Learning cycle 5E, media grafis, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)