PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERMUATAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS III MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1231Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran SAVI bermuatan mind mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Mengwi Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Mengwi, dengan jumlah siswa secara keseluruhan adalah 241 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Sempidi yang berjumlah 35 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Sading yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji beda (t-tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran SAVI bermuatan mind mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Mengwi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 66 diperoleh (thitung = 3,597 ttabel = 2,000) maka thitung ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IV, diketahui siswa yang mengikuti model pembelajaran SAVI bermuatan mind mapping lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (= 75,80 = 64,54). Dengan demikian model SAVI bermuatan mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Mengwi Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata kunci: SAVI, mind mapping, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)