PEMANFAATAN MEDIA KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD

Authors

  • I Md. Dendy Dwi Parendra, Nym. Wirya, I Gst Ngurah Japa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1235

Abstract

Abstrak

 

Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Tujuanpenelitian  ini  adalah

 

mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pemanfaatan media karikatur. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Culik, Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 14 orang (9 laki-laki dan 5 perempuan), yang nilai rata-rata klasikalnya adalah 52. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes unjuk kerja. Data keterampilan menulis karangan yang dikumpulkan dengan metode tes unjuk kerja dan dianalisis secara kuantitatif. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai langkah-langkah pembelajaran, datanya dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan media karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Culik. Hal ini terbukti dari sebelum tindakan nilai rata-rata siswa adalah 52. Namun, setelah digunakan media karikatur perolehan nilai rata-rata siklus 1 adalah 64,35 sedangkan pada siklus 2 adalah 70,71. Simpulan penelitian ini adalah pemanfaatan media karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Culik. Peneliti menyarankan bagi guru sekolah dasar dapat memanfaatkan media karikatur dalam pembelajaran menulis karangan narasi.

 

Kata kunci:  media karikatur, menulis, karangan narasi.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gst Ngurah Japa, I. M. D. D. P. N. W. (2013). PEMANFAATAN MEDIA KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1235

Issue

Section

Articles