IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N0. 2 BANJAR BALI

I Pt. Widnya, Ign. I Wyn. Suwatra, I Nym. Murda

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD No. 2 Banjar Bali tahun pelajaran 2012/2013 setelah mengimplementasikan pendekatan problem posing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV semester 2 SD No. 2 Banjar Bali tahun pelajaran 2012/2013, sebanyak 38 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kualitatif. Data yang didapatkan dari metode tes dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar pecahan pada siswa. Pada siklus I indikator aktivitas tersebut menunjukkan persentase masing-masing kegiatan yaitu: lisan 52,63%, metrik 55,26%, mental 36,36%, dan emosional 57,89%, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan persentase masing-masing kegiatan yaitu lisan 73,68%, metrik 84,21%, mental 55,26%, dan emosional sebesar 76,32%. Peningkatan aktivitas belajar tersebut juga diikuti oleh peningkatan hasil belajar pecahan. Rata-rata persentase hasil belajar pecahan dilihat dari Nilai Leher Matematika siswa adalah 37,85% (kategori sangat kurang), pada siklus I meningkat menjadi 48,26% (kategori kurang), dan pada siklus II meningkat mencapai 75,29% (kategori baik).

 

Kata-kata kunci: pendekatan problem posing, aktivitas belajar, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.