MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII SUKAWATI

Authors

  • Ni Md. Erlin Nopiani, I Gd. Meter, I Wyn. Wiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1239

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran TGT berbantuan media permainan ular tangga dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus VIII Sukawati tahun pelajaran 2012/2013.  Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Gugus VIII Sukawati, sebanyak 189 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 siswa yang terdiri dari seluruh siswa kelas IV SDN 1 Singapadu Tengah sebagai kelompok eksperimen dan seluruh siswa kelas IV SDN 2 Singapadu Tengah sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung > ttabel (4.49 > 2.01) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran TGT berbantuan media permainan ular tangga dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2012/2013. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh oleh masing-masing kelompok. Kelompok ekperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi daripada kelompok kontrol (78.10 > 60.06). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media permainan ular tangga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus VIII Sukawati  tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci : TGT berbantuan media permainan ular tangga, hasil belajar matematika

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Wiarta, N. M. E. N. I. G. M. (2013). MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII SUKAWATI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1239

Issue

Section

Articles