PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS KAPTEN KOMPYANG SUJANA KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2016/2017

I Made Dwipayana ., Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo ., Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desigh. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat yang berjumlah 631 siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Random Sampling , sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 78 siswa , yaitu 40 siswa pada kelas eksperimen dan 38 siswa kelas control, siswa yang digunakan pada kelas eksperimen yaitu siswa kelas V B SD 9 Padangsambian sedangkan pada kelas control siswa yang digunakan yaitu siswa kelas V B SD 1 padangsambian. Data hasil dari penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa diperoleh melalui tes ,tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda biasa, setelah diperoleh data hasil dari tes pilihan ganda , selanjutnya dianalisis dengan uji –t.Bredasarkan taraf signifikansi 5% dan dk =76 (n1+n2-2 = 40+38- 2 = 76) diperoleh ttabel sebesar 2,00 sednagkan t hitung 2,74 (t hitung = 2,74> t tabel = 2,00). Nilai rata rata siswa kelas eksperimen sebesar 71,75 dan siswa kelas kontrol sebesar 66,94. Dengan demikian terdapat perbedaan yang siginfikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, Jigsaw, Kompetensi pengetahuan IPA

This study aims to determine the mastery of science knowledge competence between students who were taught by using Jigsaw type cooperative learning model and students who were taught by conventional learning model. The type of research used is quasi experiment (quasi experiment). The design used is Nonequivalent Control Group Desigh The population of this research is all the students of grade V of SD in West denpasar Captain kompyang Sujana which amounts to 631 students. The technique used to determine the sample in this study is by using Random Sampling, the sample used in this study amounted to 78 students, ie 40 students in the experimental class and 38 students of the control class, students used in the experimental class of students VB SD 9 Padangsambian While in the control class the students used are students of grade VB SD 1 Padangsambian. Data obtained from the mastery of students' knowledge knowledge competence is obtained through the test, the test used is the usual double choice test, after obtained the result data from multiple choice test, then analyzed with test -t.Bredasarkan 5% significance level and dk = 76 (n1 + n2 -2 = 40 + 38- 2 = 76) obtained ttable of 2.00 sednagkan t count 2.74 (t arithmetic = 2.74> t table = 2,00). The average grade of the experimental class is 71.75 and the control class is 66.94. Thus there is a significant difference to the knowledge competence of science between students who are taught by Jigsaw type cooperative learning model with students who are taught by conventional learning model.
keyword : cooverative learning , Jigsaw , Competence of knowledge IPA

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12432

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF file view : 276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.