PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS 1 TEGALLALANG KECAMATAN TEGALLALANG

Main Article Content

I Wyn. Merta yasa, Ign I Wyn. Suwatra, I Dw. Pt. Raka Rasana

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi belajar PQ4R dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada siswa kelas IV Gugus I Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester genap Gugus I Kecamatan Tegallalang, berjumlah 113 orang dengan sampel penelitian siswa kelas IV SD No. 1 Tegallalang yang berjumlah 36 orang dan siswa kelas IV SD No. 5 Tegallalang yang berjumlah 35 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 4,90 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 1,658. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok yang dibelajarkan dengan Strategi belajar PQ4R dan kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dilihat dari hasil perhitungan rata–rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen adalah 17,41 lebih besar daripada rata–rata hasil belajar IPA kelompok kontrol adalah 12,80. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Gugus I Tegallalang, Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: Strategi belajar PQ4R, hasil belajar IPA

Article Details

Section
Articles