PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEROBOKAN

Authors

  • Ni L. Gd. Suryani W., Ni Wyn. Suniasih, I Md. Suara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1252

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan antara siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada kelas IV SD Negeri 1 Kerobokan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan desain eksperimen semu yaitu The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kerobokan yang berjumlah 99 orang siswa. Sampel penelitian sebanyak 84 orang siswa yang diperoleh dengan teknik sampel jenuh. Data hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dikumpulkan menggunakan metode tes dan non-tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen =75,1 >  = 70,3 kelompok kontrol. Lebih lanjut, melalui uji-t diperoleh = 2,182, dan dengan taraf signifikansi 5% serta dk = 42 + 42 – 2 = 82, diperoleh harga  ttabel = 2,000, sehingga thitung= 2,182 > ttabel(α=0,05, 82) = 2,000, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan antara siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT)  dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada kelas IV SD Negeri 1 Kerobokan Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok dan hasil uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 1 Kerobokan.

 

Kata kunci: Teams Games Tournaments, hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Suara, N. L. G. S. W. N. W. S. (2013). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEROBOKAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1252

Issue

Section

Articles