PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS XV KECAMATAN BULELENG

Authors

  • L. R. Wijayanti, L Pt. Putrini Mahadewi, Dsk. Pt. Parmiti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1255

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Heuristik Vee dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV di Gugus XV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus XV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 . Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD No. 3 Kalibukbuk yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD No. 4 Kalibukbuk yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk obyektif. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung sebesar 5,35. Sedangkan, ttabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,00. Hal ini berarti, (thitung > ttabel), sehingga H0 ditolak atau H­1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Heuristik Vee dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen adalah 19,20 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol adalah 13,10, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Heuristik Vee berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD No. 3 Kalibukbuk Kecamatan Buleleng.

 

Kata-kata kunci: Heuristik Vee, Hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Dsk. Pt. Parmiti, L. R. W. L. P. P. M. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS XV KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1255

Issue

Section

Articles