PENGARUH PENDEKATAN SAVI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA GUGUS LETKOL WISNU KECAMATAN DENPASAR UTARA.

Authors

  • I Gst A R Puspayanti, I Wyn Darsana, Ni Nyn. Ganing

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1256

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran somatis, auditori, visual, intelektual (SAVI) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2012/ 2013. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian hanya melibatkan dua kelas yaitu siswa kelas V SD No 3 Peguyangan dan siswa kelas V SD No 10 Peguyangan. Pemilihan kedua kelas tersebut dilakukan dengan teknik random sampling yaitu mengundi dari semua kelas untuk mencari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam mpenelitian adalah uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tes keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang diberikan pembelajaran SAVI dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2012/ 2013. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,09 > 2,00 dengan perolehan nilai tes keterampilan menyimak kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 87,28 > 78,81. Dengan demikian SAVI memberikan perbedaan terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2012/2013.

Kata Kunci : pendekatan SAVI, keterampilan menyimak

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Nyn. Ganing, I. G. A. R. P. I. W. D. (2013). PENGARUH PENDEKATAN SAVI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA GUGUS LETKOL WISNU KECAMATAN DENPASAR UTARA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1256

Issue

Section

Articles