PENGARUH EXAMPLE NON-EXAMPLE BERORIENTASI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI 10 KESIMAN

Authors

  • Md. Meilinda Dwi L, DB.Kt.Ngr. Semara, IGAA. Sri Asri

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1257

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran example non-example berorientasi konflik kognitif dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain the nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Sampel penelitian sebanyak 97 siswa. Metode pengumpulan data hasil belajar IPS menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik parametris yakni uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran example non-example berorientasi konflik kognitif dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional pada kelas V SD Negeri 10 Kesiman Tahun Pelajaran 2012/2013. Inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran example non-example berorientasi konflik kognitif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS SD.

 

Kata kunciexample non-example, konflik kognitif, hasil belajar, dan IPS.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

IGAA. Sri Asri, M. M. D. L. D. S. (2013). PENGARUH EXAMPLE NON-EXAMPLE BERORIENTASI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI 10 KESIMAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1257

Issue

Section

Articles