PENGARUH EXAMPLE NON-EXAMPLE BERORIENTASI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI 10 KESIMAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1257Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran example non-example berorientasi konflik kognitif dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain the nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Sampel penelitian sebanyak 97 siswa. Metode pengumpulan data hasil belajar IPS menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik parametris yakni uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran example non-example berorientasi konflik kognitif dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional pada kelas V SD Negeri 10 Kesiman Tahun Pelajaran 2012/2013. Inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran example non-example berorientasi konflik kognitif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS SD.
Kata kunci: example non-example, konflik kognitif, hasil belajar, dan IPS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)