PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Pt. Indah Utami Dewi, Md. Putra, Ni Wyn. Suniasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1258

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui TGT (Teams Games Tournament) berbasis Penilaian Kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas V SD N 9 Padangsambian. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD N 9 Padangsambian berjumlah 166 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VB yang berjumlah 42 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VA yang berjumlah 43 orang sebagai kelas kontrol. Data keterampilan berbicara dikumpulkan menggunakan metode tes yaitu tes keterampilan berbicara yang dinilai dengan rubrik penilaian kinerja. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan teknik analisis statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan hasil thitung = 2,730 > ttabel (α = 0,05, 83) = 1,980 dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas V SD N 9 Padangsambian. Didukung oleh adanya perbedaan nilai rata-rata kedua kelas, yaitu kelas eksperimen  = 73,66 >  = 69, 06 kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t didukung oleh perbedaan nilai rata-rata kedua kelas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbasis Penilaian Kinerja terhadap keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 9 Padangsambian.

 

Kata kunci: Teams Games Tournament, penilaian kinerja, keterampilan berbicara

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Wyn. Suniasih, P. I. U. D. M. P. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1258

Issue

Section

Articles