PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1258Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui TGT (Teams Games Tournament) berbasis Penilaian Kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas V SD N 9 Padangsambian. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD N 9 Padangsambian berjumlah 166 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VB yang berjumlah 42 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VA yang berjumlah 43 orang sebagai kelas kontrol. Data keterampilan berbicara dikumpulkan menggunakan metode tes yaitu tes keterampilan berbicara yang dinilai dengan rubrik penilaian kinerja. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan teknik analisis statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan hasil thitung = 2,730 > ttabel (α = 0,05, 83) = 1,980 dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas V SD N 9 Padangsambian. Didukung oleh adanya perbedaan nilai rata-rata kedua kelas, yaitu kelas eksperimen = 73,66 > = 69, 06 kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t didukung oleh perbedaan nilai rata-rata kedua kelas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbasis Penilaian Kinerja terhadap keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 9 Padangsambian.
Kata kunci: Teams Games Tournament, penilaian kinerja, keterampilan berbicara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)