PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS 1 KECAMATAN PUPUAN

Authors

  • Ni Ngh. Aningsih, A. A. Gd. Agung, H. Syahruddin

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1260

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensionl, (2) deskripsi hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen yang mengikuti model pembelajaran word square berbantuan media gambar, (3) perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran word square berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 162 orang dari siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 21 orang dari kelas IV SD Negeri 1 Pajahan sebagai kelompok eksperimen dan 24 orang dari kelas IV SD Negeri 3 Pajahan sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda. Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tipe statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol tergolong sedang, (2) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi,  (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran word square berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

 

Kata-kata kunci: word square, gambar, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

H. Syahruddin, N. N. A. A. A. G. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS 1 KECAMATAN PUPUAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1260

Issue

Section

Articles