PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBANTUAN MEDIA VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SDN 2 DANGIN PURI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1261Abstract
Abstrak
Belum optimalnya pembelajaran di sekolah dasar terutama dalam pembelajaran IPA mengakibatkan hasil belajar siswa belum mencapai hasil optimal. Peran siswa dalam pembelajaran yang hanya sebagai objek, bukan subjek belajar juga sangat berperan dalam pencapaian hasil belajar IPA di sekolah dasar. Hal tersebut disebabkan oleh pengetahuan guru yang kurang dalam mengkemas pembelajaran menjadi pembelajaran yang efektif dan efisien. Model pembelajaran Kuantum Berbantuan Media Video kontekstual, adalah pembelajaran yang efektif dan efisien yang dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalet Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Dangin Puri yang terbagi dalam tiga kelas dengan jumlah 114 siswa. Selanjutnya dilakukan pengacakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil pengacakan yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelompok pada kelas kontrol sebanyak 37 siswa dan pada kelas eksperimen sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran Kuantum berbantuan media video kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2012/2013. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung lebih dari ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 73, yaitu sebesar 4,2174 > 2.000 dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 78,30 > 67,60. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Kuantum berbantuan media video kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Kuantum, Media Video kontekstual, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)