PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Fatmawati. As., I Nym. Jampel, I Wyn. Widiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1262

Abstract

Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  hasil  belajar  IPA  antara
kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TGT
dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional  pada  siswa  kelas  V  SD  di  Gugus  I  Kecamatan  Penebel  Tahun
Pelajaran 2012/2013.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan
rancangan  penelitian  Non-Equivalent  Post-Test  Only  Control  Group  Design.
Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  V  SD  N  di  Gugus  I  Kecamatan
Penebel  dan  Sampelnya  adalah  SD  N  1  Penebel  dan  SD  2  Penebel.  Tehnik
pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir.  Data
dianalisis  dengan  menggunakan  statistik  deskriptif  dan  uji  t  independent.  Hasil
penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  hasil  belajar  IPA  antara
kelompok siswa yang  dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TGT
dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional dengan perhitung t
hit =
10,374 > t
tab
= 2,003. Rata-rata skor hasil belajar
IPA  kelompok  yang  dibelajarkan  dengan  model  pembelajaran  TGT  menunjukkan
hasil  lebih  tinggi  dari  pada  model  pembelajaran  konvensional.  Hasil  penelitian  ini
menunjukkan bahwa  terdapat  pengaruh positif  model pembelajaran TGT  terhadap
hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD.
Kata-kata kunci : model pembelajaran TGT  dan hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Widiana, F. A. I. N. J. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1262

Issue

Section

Articles