PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1262Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara
kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TGT
dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Penebel Tahun
Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan
rancangan penelitian Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N di Gugus I Kecamatan
Penebel dan Sampelnya adalah SD N 1 Penebel dan SD 2 Penebel. Tehnik
pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data
dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji t independent. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara
kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TGT
dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional dengan perhitung t
hit =
10,374 > t
tab
= 2,003. Rata-rata skor hasil belajar
IPA kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT menunjukkan
hasil lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran TGT terhadap
hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD.
Kata-kata kunci : model pembelajaran TGT dan hasil belajar IPA
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
I Wyn. Widiana, F. A. I. N. J. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1262
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)