PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD DI GUGUS KRISNA KECAMATAN NEGARA

Authors

  • Ni Nym. Triadi Astuti, I Kt. Dibia, Pt. Nanci Riastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1264

Abstract

Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  yang  signifikan  antara  kelompok
siswa yang dibelajarkan menggunakan metode talking stick dengan kelompok siswa yang
dibelajarkan  menggunakan  model  pembelajaran  konvensional  pada  hasil  belajar  PKn
siswa  kelas  V  SD  Tahun  Pelajaran  2012/2013  di  Gugus  Krisna  Kecamatan  Negara
Kabupaten  Jembrana.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  kuasi  eksperimen  (quasi
experiment).    Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas V SDN yang ada di gugus
Krisna, Kecamatan Negara, dengan jumlah siswa 179 orang. Sampel penelitian ini adalah
kelas V SDN.  3 Tegalbadeng Barat  sebagai kelas eksperimen  dan  kelas V SDN.  1 Cupel
sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Data
hasil  belajar  PKn  siswa  dikumpulkan  dengan  menggunakan  tes  essai.  Data  yang
diperoleh  kemudian  dianalisis  menggunakan  analisis  statistik  deskriptif  dan  statistik
infrensial (uji-t).  Berdasarkan analisis data, kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran
dengan  metode  talking  stick  memiliki  skor  rata-rata  31,80,  sedangkan  kelompok  siswa
yang  mengikuti  pembelajaran  dengan  model  pembelajaran  konvensional  memiliki  skor
rata-rata 27,53.  Berdasarkan hasil perhitungan uji-t,  diperoleh  t
hitung  = 9,70 > t
tabel
= 2,000.
Dapat  disimpulkan  bahwa,  terdapat  perbedaan  yang  signifikan  antara  kelompok  siswa
yang  dibelajarkan  menggunakan  metode  Talking  Stick  dengan  kelompok  siswa  yang
dibelajarkan  menggunakan  pembelajaran  konvensional  pada  hasil  belajar  PKn  siswa
kelas V SD Tahun Pelajaran 2012/2013 Di Gugus Krisna Kecamatan Negara Kabupaten
Jembrana.
Kata-kata kunci: talking stick, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Pt. Nanci Riastini, N. N. T. A. I. K. D. (2013). PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD DI GUGUS KRISNA KECAMATAN NEGARA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1264

Issue

Section

Articles