PENGARUH METODE PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG

Authors

  • I Wyn. Arta Widana, I Wyn. Sudiana, I Gd. Wawan Sudatha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1265

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem posing, (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, (3) mengetahui perbedaan yang singnifikan pada hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem posing dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di gugus V Kecamatan Banjar  Kabupaten Buleleng  tahun pelajaran 2012/2013. Sebanyak 47 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar matematika ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes esai. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) data hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem posing cenderung tinggi dengan Mo > Me > M (12,22 > 11,60 > 10,90), (2) data hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional cenderung rendah dengan Mo < Me < M (5,74<6,50<7,18), (3). terdapat perbedaan yang signifikan pada  hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajara dengan metode problem  posing dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Hal ini dapat dilihat dari  perolehan rerata kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan perolehan rerata kelompok kontrol (eksperimen = 10,90 > kontrol = 7,18) dan hasil uji hipotesi menggunakan uji-t, dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 4,831 > ttabel =  2,000). Dengan demikian, metode problem posing berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV semester II SD gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci: problem posing, hasil belajar matematika.

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gd. Wawan Sudatha, I. W. A. W. I. W. S. (2013). PENGARUH METODE PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1265

Issue

Section

Articles