PENGARUH STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI GUGUS 1 KECAMATAN BUSUNGBIU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1272Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran student team heroic leadership berbantuan media konkret dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran konvensional pada kelas V di Gugus I Kecamatan Busungbiu tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu rancangan Nonequivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V di Gugus I Kecamatan Busungbiu tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 139 orang. Sampel penelitian ini kelas V SD No. 5 Busungbiu yang berjumlah 23 orang dan kelas V SD No. 9 Busungbiu yang berjumlah 23 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk objektif, pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran student team heroic leadership berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran konvensional kelas V di Gugus I Kecamatan Busungbiu tahun pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: student team heroic leadership, media konkret, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)