PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI ULARAN

Authors

  • Ni Km Risa. Matallia, A.A. Agung, I Kt. Dibia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1274

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2013/2013 di SD Negeri Ularan Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan Posstest Only Control Group Design. Variabel bebas merupakan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media lingkungan dan variabel terikat adalah hasil belajar IPA siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Ularan. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang ada di SD Negeri Ularan. Kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik undian. Teknik pengumpulan  data  menggunakan teknik tes. Tekinik analisis data dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar  antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media lingkungan dengan kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Direct Instructions (DI) (thitung = 7,794 > ttabel = 2,000; ά=0,05). Berdasarkan rata-rata hasil belajar IPA, diketahui siswa yang mengikuti pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media lingkungan  lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi Direct Instructions (DI) yaitu ( = 25,27 > = 15,64). Dengan demikian, strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Ularan.

Kata Kunci : Think talk write,hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt. Dibia, N. K. R. M. A. A. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI ULARAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1274

Issue

Section

Articles