PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOODY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Ni Wyn. Rumini, I Kt. Dibia, Ign. I Wyn. Suwatra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1279

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan  antara model pembelajaran Moody
dengan  model  pembelajaran  Konvensional  terhadap  keterampilan  menulis  puisi  siswa
kelas  V  SD  di  Gugus  VI  Kecamatan  Buleleng.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian
eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only with Non Equivalent Control Group
Design.  Subjek  penelitian  adalah  siswa  kelas  V  SD  No.  3  dan  4  Kampung  Baru  yang
berjumlah 55 orang siswa terdiri dari 29 siswa dari kelas eksperimen dan 26 siswa dari
kelas  kontrol.  Sampel  penelitian  ini  diambil  dengan  tekhnik  random  sampling.  Data
dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t).
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  (1)  keterampilan  menulis  puisi  siswa  yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran Moody lebih tinggi dengan Mo > Me > M (79 >
78,7  >  78,48),  (2)  keterampilan  menulis  puisi  siswa  yang  dibelajarkan  dengan  model
konvensional  lebih  rendah  dengan  Mo  <  Me  <  M  (48,35  <  51,5  <  52,62),  (3)  terdapat
perbedaan  yang  signifikan  keterampilan  menulis  puisi  antara  siswa  yang  dibelajarkan
dengan  model  pembelajaran  Moody  dan  siswa  yang  dibelajarkan  dengan  model
pembelajaran  konvensional.  Rata-rata  hasil  tes  keterampilan  menulis  puisi  siswa
kelompok  eksperimen  lebih  besar  daripada  kelompok  kontrol  (78,48>53).  Hal  ini  juga
menunjukkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran  Moody  berpengaruh  positif
terhadap keterampilan  menulis puisi siswa kelas V SD di  Gugus VI Kecamatan Buleleng
Tahun  pelajaran  2012/2013  dibandingkan  dengan  penerapan  model  pembelajaran
Konvensional.
Kata-kata kunci:  Moody, Keterampilan Menulis Puisi.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ign. I Wyn. Suwatra, N. W. R. I. K. D. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOODY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1279

Issue

Section

Articles