PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOODY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1279Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Moody
dengan model pembelajaran Konvensional terhadap keterampilan menulis puisi siswa
kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only with Non Equivalent Control Group
Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD No. 3 dan 4 Kampung Baru yang
berjumlah 55 orang siswa terdiri dari 29 siswa dari kelas eksperimen dan 26 siswa dari
kelas kontrol. Sampel penelitian ini diambil dengan tekhnik random sampling. Data
dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menulis puisi siswa yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran Moody lebih tinggi dengan Mo > Me > M (79 >
78,7 > 78,48), (2) keterampilan menulis puisi siswa yang dibelajarkan dengan model
konvensional lebih rendah dengan Mo < Me < M (48,35 < 51,5 < 52,62), (3) terdapat
perbedaan yang signifikan keterampilan menulis puisi antara siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran Moody dan siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil tes keterampilan menulis puisi siswa
kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (78,48>53). Hal ini juga
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Moody berpengaruh positif
terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Buleleng
Tahun pelajaran 2012/2013 dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran
Konvensional.
Kata-kata kunci: Moody, Keterampilan Menulis Puisi.
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
Ign. I Wyn. Suwatra, N. W. R. I. K. D. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOODY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1279
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)