PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NO. 1 BAKTISERAGA

Authors

  • Gst. A. Md. Atiek M., Kt. Pudjawan, I Gd. Margunayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1281

Abstract

Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  pemahaman  konsep  antara
kelompok siswa yang belajar menggunakan model  reciprocal teaching  berbantuan  mind
mapping  dan  kelompok  siswa  yang  belajar  menggunakan  model  pembelajaran
konvensional dalam pembelajaran IPA siswa Kelas IV Semester II SD No. 1 Baktiseraga
Tahun  Pelajaran  2012/2013.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  eksperimen  semu
dengan  rancangan  “Non-Equivalent  Post-Test  Only  Control  Group  Design”.  Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD No. 1 Baktiseraga tahun pelajaran 2012/2013
dengan  jumlah  55  orang.  Sampel  penelitian  ini  diambil  dengan  teknik  cluster  sampling
dan diperoleh kelas IVa SD No.1 Baktiseraga sebagai kelompok eksperimen dan kelas
IVb  SD  No.1  Baktiseraga  sebagai  kelompok  kontrol.  Data  yang  dikumpulkan  dalam
penelitian  ini  adalah  pemahaman  konsep  IPA  yang  dikumpulkan  melalui  metode  tes
dengan  instrumen  tes  essay.  Data  dianalisis  dengan  menggunakan  analisis  statistik
deskriptif  dan  statistik  inferensial  (uji–t).  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat
perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang belajar menggunakan
model pembelajaran reciprocal teaching  berbantuan  mind mapping  dan kelompok siswa
yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata untuk siswa
yang  belajar  menggunakan  model  pembelajaran  reciprocal  teaching  berbantuan  mind
mapping  sebesar 35,17 sedangkan untuk kelompok konvensional sebesar 27,04. Hal ini
menunjukkan  bahwa  pemahaman  konsep  IPA  siswa  yang  diajar  dengan  model
pembelajaran  reciprocal teaching  berbantuan  mind mapping  lebih baik dari pemahaman
konsep  IPA  siswa  yang  diajar  dengan  model  pembelajaran  konvensional.  Ini  berarti
model  pembelajaran  reciprocal  teaching  berbantuan  mind  mapping  berpengaruh
terhadap pemahaman konsep IPA siswa di SD No. 1 Baktiseraga.
Kata–kata kunci: reciprocal teaching, mind mapping, pemahaman konsep IPA.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gd. Margunayasa, G. A. M. A. M. K. P. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NO. 1 BAKTISERAGA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1281

Issue

Section

Articles