PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NO. 1 BAKTISERAGA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1281Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep antara
kelompok siswa yang belajar menggunakan model reciprocal teaching berbantuan mind
mapping dan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran
konvensional dalam pembelajaran IPA siswa Kelas IV Semester II SD No. 1 Baktiseraga
Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu
dengan rancangan “Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design”. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD No. 1 Baktiseraga tahun pelajaran 2012/2013
dengan jumlah 55 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster sampling
dan diperoleh kelas IVa SD No.1 Baktiseraga sebagai kelompok eksperimen dan kelas
IVb SD No.1 Baktiseraga sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dalam
penelitian ini adalah pemahaman konsep IPA yang dikumpulkan melalui metode tes
dengan instrumen tes essay. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik
deskriptif dan statistik inferensial (uji–t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang belajar menggunakan
model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan mind mapping dan kelompok siswa
yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata untuk siswa
yang belajar menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan mind
mapping sebesar 35,17 sedangkan untuk kelompok konvensional sebesar 27,04. Hal ini
menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA siswa yang diajar dengan model
pembelajaran reciprocal teaching berbantuan mind mapping lebih baik dari pemahaman
konsep IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Ini berarti
model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan mind mapping berpengaruh
terhadap pemahaman konsep IPA siswa di SD No. 1 Baktiseraga.
Kata–kata kunci: reciprocal teaching, mind mapping, pemahaman konsep IPA.
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
I Gd. Margunayasa, G. A. M. A. M. K. P. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NO. 1 BAKTISERAGA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1281
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)