PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS DESA BUNGKULAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1283Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi hasil belajar IPA siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STM, (2) deskripsi hasil belajar siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional, (3) perbedaan yang
singnifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan STM dan
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada siswa
kelas IV semester genap SD Gugus IV Desa Bungkulan Kecamatan Sawan Kabupaten
Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian ini adalah
penelitian quasi exsperimen dengan rancangan post-test only control group design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus IV Desa Bungkulan
Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Sebanyak 47 orang
siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang
dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan
melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif
dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menujukan bahwa, (1) hasil belajar IPA
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STM berada pada kategori
sangat tinggi,dengan mean 20,95, (2) hasil belajar IPA siswa yang mengik uti
pembelajaran dengan pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah, dengan
mean 14,28, (3). terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok
siswa yang mengikuti pembelajara dengan pendekatan STM dan kelompok siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional, dengan t
hitung = 2,17 > t
tabel = 2,00. Dengan
demikian dapat diketahui bahwa pendekatan STM berpengaruh terhadap hasil belajar
IPA siswa kelas IV
Kata-kata kunci: STM, pembelajaran konvensional, hasil belajar.
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
I Wy. Romi Sudhita, N. K. W. I. M. T. (2013). PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS DESA BUNGKULAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1283
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)