PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS DESA BUNGKULAN

Authors

  • Ni Kdk. Widiartini, I Md. Tegeh, I Wy. Romi Sudhita

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1283

Abstract

Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  (1)  deskripsi  hasil  belajar  IPA  siswa  yang
mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STM, (2) deskripsi  hasil belajar siswa yang
mengikuti  pembelajaran  dengan  pembelajaran  konvensional,  (3)  perbedaan  yang
singnifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan STM dan
siswa  yang  mengikuti  pembelajaran  dengan  pembelajaran  konvensional  pada  siswa
kelas IV  semester genap  SD Gugus IV  Desa Bungkulan Kecamatan Sawan Kabupaten
Buleleng  tahun  pelajaran  2012/2013.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  ini  adalah
penelitian  quasi  exsperimen  dengan  rancangan  post-test  only  control  group  design.
Populasi  penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  IV  di  SD  Gugus  IV  Desa  Bungkulan
Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Sebanyak 47 orang
siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang
dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan
melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif
dan  statistik  inferensial  (uji-t).  Hasil  penelitian  menujukan  bahwa,  (1)  hasil  belajar  IPA
siswa  yang  mengikuti  pembelajaran  dengan  pendekatan  STM  berada  pada  kategori
sangat  tinggi,dengan  mean  20,95,    (2)  hasil  belajar  IPA  siswa  yang  mengik uti
pembelajaran dengan pembelajaran konvensional berada pada kategori  rendah, dengan
mean 14,28,  (3). terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok
siswa yang mengikuti pembelajara dengan pendekatan STM dan kelompok siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional,  dengan  t
hitung = 2,17 >  t
tabel  = 2,00.  Dengan
demikian  dapat  diketahui  bahwa  pendekatan  STM  berpengaruh  terhadap  hasil  belajar
IPA siswa kelas IV
Kata-kata kunci: STM, pembelajaran konvensional, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wy. Romi Sudhita, N. K. W. I. M. T. (2013). PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS DESA BUNGKULAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1283

Issue

Section

Articles