PENGARUH MODELPEMBELAJARANINISIASIKONSTRUKSI REKONSTRUKSI APLIKASI REFLEKSI (IKRAR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD No 3 MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1286Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengangkat tentang rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi hasil belajar siswa yang belajar degan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) deskripsi hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran IKRAR, 3) perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran IKRAR dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalahpenelitian eksperimen semu menggunakan desainnon- equivalentpost-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD No. 3 Mengwi Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 56 orang. Sampel penelitian ini yaitu keseluruhan populasi yang terdiri dari kelas IVa dan IVb yang masing-masing berjumlah 28 orang.Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes essay. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) skor hasil belajar siswa yang belajar dengan menngunakan model pembelajaran konvensional berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 55,57,2) skor hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran IKRAR berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 69,4, 3), terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran IKRAR dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensionaldengan thit> ttab (thit = 56,7> ttab = 2,201). Dengan demikian model pembelajaran IKRAR berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV semester genap di SD No. 3 Mengwi Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: IKRAR, Hasil belajar matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)