PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I II KECAMATAN SUKASADA

Authors

  • Kd. Suciastini, I Dewa Pt. Raka Rasana, I Md. Suarjana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1287

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol
yang  mengikuti  pembelajaran  konvensional, (2) mendeskripsikan  hasil  belajar  IPA  siswa
kelompok eksperimen yang mengikuti model pembelajaran Contextual Teaching Learning
berbantuan  LKS,  dan (3) mengetahui  perbedaan  hasil  belajar  IPA  yang  signifikan  antara
kelompok  siswa  yang  belajar  menggunakan  model  pembelajaran contextual  teaching
learning berbantuan  LKS  dan  siswa  yang  belajar  menggunakan  model  pembelajran
konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only with nonequivalent
control  group  design.Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  IV  SD  Gugus  III
Kecamatan  Sukasada  Kabupaten  Buleleng. Pengambilan  sampel  pada  penelitian  ini
menggunakan teknik group  random  sampling. Sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa
kelas  IV  SDN  1  Padangbulia  sebagai  kelas  eksperimen  dan  siswa  kelas IV  SDN  2
Padangbulia sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data
hasil belajar siswa aspek kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes.
dengan  instrumen  berupa  tes  objektif.  Pada  penelitian  ini  digunakan  dua  teknik  analisis
yaitu  analisis  statistik  deskriptif  dan  t-test. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA antara kelompok siswa
yang  mengikuti  model  pembelajaran contextual  teaching  and  learning berbatuan  LKS
dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (t
hitung
= 4,208 >
t
tabel
= 2, 021).
Kata kunci: contextual teaching learning, hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Suarjana, K. S. I. D. P. R. R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I II KECAMATAN SUKASADA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1287

Issue

Section

Articles