PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I II KECAMATAN SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1287Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol
yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa
kelompok eksperimen yang mengikuti model pembelajaran Contextual Teaching Learning
berbantuan LKS, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara
kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching
learning berbantuan LKS dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajran
konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only with nonequivalent
control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus III
Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik group random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IV SDN 1 Padangbulia sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 2
Padangbulia sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data
hasil belajar siswa aspek kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes.
dengan instrumen berupa tes objektif. Pada penelitian ini digunakan dua teknik analisis
yaitu analisis statistik deskriptif dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA antara kelompok siswa
yang mengikuti model pembelajaran contextual teaching and learning berbatuan LKS
dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (t
hitung
= 4,208 >
t
tabel
= 2, 021).
Kata kunci: contextual teaching learning, hasil belajar IPA
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
I Md. Suarjana, K. S. I. D. P. R. R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I II KECAMATAN SUKASADA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1287
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)