PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV

Authors

  • Kadek Yondika Yusa Giri .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons. .
  • Dra. Ni Wayan Arini, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Media Audio Visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional di SD Gugus VI Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seleuruh kelas IV di SD Gugus VI Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian ini adalah SDN 1 Kampung Baru yang berjumlah 28 siswa dan SDN 2 Kampung Baru yang berjumlah 30 siswa. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Media Audio Visual dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan thitung= 8,497 > ttabel= 1,875 adanya perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analsis data model pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Media Audio Visual dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Script yaitu 24,61 dan skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 20,20. Perbaikan dilakukan dalam proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Script berbantuan Media Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar yang mampu mengatasi kendala-kendala dalam proses pembelajaran dikelas.
Kata Kunci : hasil belajar, IPS, Kooperatif Script

This study aims to determine the difference between IPS learning outcomes between groups of students who were taught using the model of Co-operative Script Assisted Audio Visual Media and group of students who were taught using conventional learning model in SD Gugus VI Buleleng Sub-District Buleleng District in the academic year 2016/2017. This type of research uses quasi experiments. The population of this research is all fourth grade at SD Gugus VI Buleleng District. The sample of this research is SDN 1 Kampung Baru with 28 students and SDN 2 Kampung Baru with 30 students. Methods in data collection is done by the test method is a multiple choice test. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and inferential statistic analysis, t-test. The results of this study indicate that there are differences in IPS learning outcomes between students who were taught using the model of Co-operative Script Assisted Audio Visual Media and students using conventional learning model with tcount = 8.497> ttabel = 1.875 there is a significant difference. Based on the results of analysis data model of Co-operative Script Assisted Audio Visual Media and students using conventional learning model. This can be seen from the average score of students using the Cooperative Cooperative learning model is 24.61 and the average score of students using conventional learning model is 20.20. Improvement is done in the learning process of IPS by using the model of Co-operative Script Assisted Audio Visual Media to improve learning outcomes that can overcome the constraints in the process of learning in class.
keyword : learning outcomes, IPS, Co-operative Scripts

Published

2018-01-25

How to Cite

., K. Y. Y. G., ., P. D. N. K. S. M. K., & ., D. N. W. A. M. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13108

Issue

Section

Articles