MODEL PEMBELAJARAN RESIK BERBASIS MASALAH TERBUKA BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD GUGUS V DR. SOETOMO DENPASAR SELATAN

Authors

  • Kdk. Sri Parwati, I Wyn. Wiarta, Md. Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1315

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) berbasis masalah terbuka dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus V Dr. Soetomo Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus V Dr. Soetomo Denpasar Selatan berjumlah 414 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang melibatkan 84 siswa. Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan instrument berupa tes essay. Kemudian data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran RESIK berbasis masalah terbuka dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelompok eksperimen 70,11 lebih dari nilai rata-rata kelompok kontrol yakni 64,06. Demikian pula hasil analisis uji-t diperolel bahwa thitung 3,85 > ttabel 2,00 dengan dk = 82 (∑n-2 = 84 – 2 = 82) dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RESIK berbasis masalah terbuka berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus V Dr. Soetomo Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2012/2013.

Kata-kata kunci: RESIK, Masalah Terbuka, Hasil Belajar Matematika

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Md. Putra, K. S. P. I. W. W. (2013). MODEL PEMBELAJARAN RESIK BERBASIS MASALAH TERBUKA BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD GUGUS V DR. SOETOMO DENPASAR SELATAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1315

Issue

Section

Articles