MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS LETDA MADE PUTRA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1318Abstract
mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa materi cahaya dalam mata pelajaran IPA siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan siswa yang mendapatkan pembelajaran yang konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design (eksperimen semu), dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Gugus Letda Made Putra dengan jumlah 444 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va SD N 23 Dangin Puri yang berjumlah 36 siswa dan siswa kelas V SD N 1 Tonja yang berjumlah 38 siswa. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar IPA dengan menggunakan tes objektif dengan empat alternative jawaban a. b. c. dan d.. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa materi cahaya dalam mata pelajaran IPA siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional (thitung = 3,046 > ttabel = 2,00) dengan taraf signifikan 5% dan dk = 72 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol (72.94 > 67.81). Dengan demikian berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS), Prestasi Belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)