PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAINTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS UBUD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1319Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melaluimodel pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus Ubud tahun ajaran 2012/2013.Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Ubud pada tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 252 siswa.Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel yaitu siswa pada kelompok eksperimen sebayak 35 siswa dan siswa pada kelompok kontrol sebanyak 32 siswa.Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda biasa dan dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis dengan uji-t diperoleh thitung lebih besar darittabel (thitung=2,698 > ttabel=2,000), ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran POE dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional padakelas V SD di gugus Ubud tahun ajaran 2012/2013. Nilai rata – rata siswa pada kelompok eksperimen yaitu 76,80 lebih besar dari pada nilai rata – rata siswa pada kelompok kontrol yaitu 70,00, ini berarti model pembelajaran POE dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di gugus Ubud tahun ajaran 2012/2013.
Kata kunci: Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)