PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAINTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS UBUD

Authors

  • Ni Pt. Cita Muliawati, I Kt. Ardana, I Gst. A.Oka Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1319

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melaluimodel pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus Ubud tahun ajaran 2012/2013.Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Ubud pada tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 252 siswa.Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel yaitu siswa pada kelompok eksperimen sebayak 35 siswa dan siswa pada kelompok kontrol sebanyak 32 siswa.Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda biasa dan dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis dengan uji-t diperoleh thitung lebih besar darittabel (thitung=2,698 > ttabel=2,000), ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran POE dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional padakelas V SD di gugus Ubud tahun ajaran 2012/2013. Nilai rata – rata siswa pada kelompok eksperimen yaitu 76,80 lebih besar dari pada nilai rata – rata siswa pada kelompok kontrol yaitu 70,00,  ini berarti model pembelajaran POE dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di gugus Ubud tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gst. A.Oka Negara, N. P. C. M. I. K. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAINTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS UBUD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1319

Issue

Section

Articles