PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERRBANTUAN MEDIA KARTU BILANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR CALISTUNG SISWA KELAS III SD N 2 DANGIN PURI

Authors

  • Kdk. Supariani, I Wyn. Rinda Suardika, I Gst. Agung Oka Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1320

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan yang signifikan prestasi belajar calistung siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran tematik berbantuan media kartu bilangan  dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD N 2 Dangin Puri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimental design yaitu dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 2 Dangin Puri Kecamatan Denpasar Utara yang berjumlah 98 siswa.Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III  A yang berjumlah 30 siswa  dan IIIC yang berjumlah 33 siswa. Data prestasi belajar membaca menulis berhitung (calistung) di kelas eksperimen dan kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes esai yang berjumlah 10 soal.Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari Hasil analisis Uji T taraf signifikasi 5% dan dk 61 diperoleh thitung =4,393 > ttabel =2,00 berarti terdapat perbedaan yang significant prestasi belajar calistung siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran tematik berbantuan media kartu bilangan dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Berdasarkan tes akhir pembelajaran (postes) diketahui bahwa rata-rata prestasi belajar calistung kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol (80>71,3). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik berbantuan media kartu bilangan berpengaruh terhadap prestasi belajar calistung siswa kelas III SD N 2 Dangin Puri Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: Model pembelajaran tematik, Media kartu bilangan, Prestasi Belajar Calistung

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gst. Agung Oka Negara, K. S. I. W. R. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERRBANTUAN MEDIA KARTU BILANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR CALISTUNG SISWA KELAS III SD N 2 DANGIN PURI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1320

Issue

Section

Articles