PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERRBANTUAN MEDIA KARTU BILANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR CALISTUNG SISWA KELAS III SD N 2 DANGIN PURI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1320Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan yang signifikan prestasi belajar calistung siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran tematik berbantuan media kartu bilangan dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD N 2 Dangin Puri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimental design yaitu dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 2 Dangin Puri Kecamatan Denpasar Utara yang berjumlah 98 siswa.Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A yang berjumlah 30 siswa dan IIIC yang berjumlah 33 siswa. Data prestasi belajar membaca menulis berhitung (calistung) di kelas eksperimen dan kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes esai yang berjumlah 10 soal.Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari Hasil analisis Uji T taraf signifikasi 5% dan dk 61 diperoleh thitung =4,393 > ttabel =2,00 berarti terdapat perbedaan yang significant prestasi belajar calistung siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran tematik berbantuan media kartu bilangan dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Berdasarkan tes akhir pembelajaran (postes) diketahui bahwa rata-rata prestasi belajar calistung kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol (80>71,3). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik berbantuan media kartu bilangan berpengaruh terhadap prestasi belajar calistung siswa kelas III SD N 2 Dangin Puri Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata kunci: Model pembelajaran tematik, Media kartu bilangan, Prestasi Belajar Calistung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)