MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KOMPIANG SUJANA DENPASAR BARAT

Authors

  • Kd. Rita Anggreni, I Gd. Meter, I Wyn. Wiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1321

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana Denpasar Barat tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana, Denpasar Barat tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik random sampling dan diperoleh  kelas VB SDN 2 Padangsambian dan kelas VB SDN 8 Padangsambian yaitu sebanyak 84 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar matematika pada ranah kognitif yang diperoleh melalui metode tes dengan instrumen pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 3,477 sedangkan ttabel 1,980 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CUPs dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana Denpasar Barat tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CUPs berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana, Denpasar Barat tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata kunciConceptual Understanding Procedures (CUPs), hasil belajar, matematika

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Wiarta, K. R. A. I. G. M. (2013). MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KOMPIANG SUJANA DENPASAR BARAT. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1321

Issue

Section

Articles