MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KOMPIANG SUJANA DENPASAR BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1321Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana Denpasar Barat tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana, Denpasar Barat tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik random sampling dan diperoleh kelas VB SDN 2 Padangsambian dan kelas VB SDN 8 Padangsambian yaitu sebanyak 84 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar matematika pada ranah kognitif yang diperoleh melalui metode tes dengan instrumen pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 3,477 sedangkan ttabel 1,980 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CUPs dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana Denpasar Barat tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CUPs berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana, Denpasar Barat tahun ajaran 2012/2013.
Kata kunci: Conceptual Understanding Procedures (CUPs), hasil belajar, matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)