PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BI SISWA KELAS III SD GUGUS V DR.SOETOMO

Authors

  • Ni Pt. Suci Antari, I Kt. Adnyana Putra, I Wy. Darsana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1322

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan  whole language berbantuan multimedia interaktif pada siswa kelas III SD Negeri 14 Sesetan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Negeri 9 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus V Dr.Soetomo Denpasar Selatan dengan jumlah populasi 429 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling dengan jumlah 84 siswa terdiri dari dua kelas yaitu Siswa Kelas III di SD 14 Sesetan sebagai kelas eksperimen dan Siswa Kelas III di SD 9 Sesetan sebagai kelas kontrol. Data tentang hasil belajar bahasa Indonesia dikumpulkan dengan instrumen berupa tes esay. Data ini analisisnya dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan whole language berbantuan multimedia interaktif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thit = 9,44 > ttabel = 2,00) dengan dk = 82 (∑n-2 = 84 – 2 = 82) dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran whole language berbantuan multimedia interaktif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SD Gugus V Dr. Soetomo Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci :  Whole language, Multimedia Interaktif, Hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wy. Darsana, N. P. S. A. I. K. A. P. (2013). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BI SISWA KELAS III SD GUGUS V DR.SOETOMO. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1322

Issue

Section

Articles