PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BI SISWA KELAS III SD GUGUS V DR.SOETOMO
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1322Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan whole language berbantuan multimedia interaktif pada siswa kelas III SD Negeri 14 Sesetan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Negeri 9 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus V Dr.Soetomo Denpasar Selatan dengan jumlah populasi 429 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling dengan jumlah 84 siswa terdiri dari dua kelas yaitu Siswa Kelas III di SD 14 Sesetan sebagai kelas eksperimen dan Siswa Kelas III di SD 9 Sesetan sebagai kelas kontrol. Data tentang hasil belajar bahasa Indonesia dikumpulkan dengan instrumen berupa tes esay. Data ini analisisnya dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan whole language berbantuan multimedia interaktif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thit = 9,44 > ttabel = 2,00) dengan dk = 82 (∑n-2 = 84 – 2 = 82) dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran whole language berbantuan multimedia interaktif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SD Gugus V Dr. Soetomo Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata kunci : Whole language, Multimedia Interaktif, Hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)