PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN KUTA BADUNG

Authors

  • Ni Luh Pt. Noviana, I Wyn. Rinda S, Ni Wyn. Suniasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1323

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran learning cycle 5E dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada kelas IV SD gugus II Kecamatan Kuta Badung tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan desain eksperimen semu yaitu nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kuta Badung  tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 365 orang siswa. Sebanyak 72 orang siswa ditetapkan sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data prestasi belajar IPA yang dikumpulkan melalui tes prestasi belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen  = 76,25 > = 62,77 kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan uji-t pada taraf signifikansi 5% dan dk= 70, diperoleh thitung= 6,24 > ttabel(α=0,05,70)= 1,98. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model learning cycle 5E dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA siswa.

 

Kata kunci : siklus belajar 5E, prestasi belajar, IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Wyn. Suniasih, N. L. P. N. I. W. R. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN KUTA BADUNG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1323

Issue

Section

Articles