PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUMBERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SURAPATIDENPASAR TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1324Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis joyful learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Untung Surapati. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan perbandingan static group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Untung Surapati. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 6 Sumerta dan SDN 9 Sumerta, masing-masing berjumlah 32 siswa.Pengumpulan data prestasi belajar ini dilakukan dengan tes prestasi belajar. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan uji-t separated varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mean pada kelompok eksperimen = 69,74 > mean kelompok kontrol (2) thitung= 2,298 > ttabel (α = 0,005)= 2,000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis joyful learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Untung Surapati, Denpasar Timur Tahun Ajaran 2012/2013. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran kuantum berbasis joyful learning berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA.
Kata kunci: model pembelajaran, kuantum, joyful learning, prestasi belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)